Friday, 10 August 2012

MISTERI ANGKA TUHAN (SIRI 1)


JUJUKAN FIBONACCI merupakan sebuah jujukan yang misteri dan menakjubkan. Setengah pengkaji mengelarnya sebagai angka misteri. Setengahnya pula mengelarnya sebagai “Angka Tuhan”.

“Sesungguhnya Allah menciptakan segala sesuatu menurut ukuran” (Qur’an, 54:49)

Orang-orang Matematik sudah biasa mendengarnya walaupun mereka tidak tahu kewujudannya di dalam diri manusia dan alam semesta.

Tetapi orang-orang bukan matematik mungkin terkejut. Benarkah wujud keajaiban dari Jujukan Fibonacci ini? 

Jika anda masih ragu-ragu, ikuti penerangan kami di bawah. 

ASAL JUJUKAN FIBONACCI
Jujukan Fibonacci muncul dalam karya Leonardo Fibonacci (dikenal pula sebagai Leonardo Pisano), Liber Abaci, dalam tahun 1202. Dalam karya itu,  dikemukakan sebuah cerita mengenai sepasang kelinci—jantan dan betina.

Pasangan kelinci ini tidak dapat mengawan sehinggalah mereka itu berusia sebulan. Jadi pada bulan pertama, hanya ada sepasang kelinci. Pada akhir bulan kedua, sang betina melahirkan sepasang kelinci, juga jantan dan betina, sehingga kini ada 2 pasang kelinci.

Pada akhir bulan ketiga, kelinci betina awal melahirkan sepasang lagi kelinci sehingga kini ada 3 pasang kelinci.

Pada akhir bulan keempat, kelinci betina awal kembali melahirkan sepasang kelinci, sementara kelinci betina yang lahir dua bulan lalu melahirkan pasangan kelinci pertamanya sehingga kini ada 5 pasang kelinci, demikian seterusnya.

Jika tidak ada kelinci yang mati,  maka jumlah pasangan kelinci pada tiap awal bulan akan mengikuti pola berikut : 1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,233,377,610,987,1597, dstnya. Inilah yang disebut sebagai jujukan atau angka Fibonacci.

Masing-masing angka dalam jujukan ini merupakan hasil penjumlahan dua angka sebelumnya, misalnya angka 21 muncul dari 8+13; 34 dari 13+21, dan seterusnya.

Jika salah satu angka dalam jujukan itu (mulai dari angka 5) dibahagi dengan angka sebelumnya, maka ia akan menghasilkan angka yang berdekatan. Angka hasil bahagi ini akan tetap setelah suku ke-13 (angka 233) yaitu 1.618. Jadi 233/144=1.618; 377/233=1.618, 610/377=1.618, dan seterusnya. Angka 1.618 inilah yang disebut sebagai Nisbah Emas, Angka Emas, Bagian Emas, atau Proporsi Ilahi.

Sekilas, angka-angka di atas itu tak berarti apa-apa kecuali menjelaskan masalah kelinci beranak, namun kemudian angka-angka ini menjadi bahan pertanyaan dan menggugah rasa ingin tahu para ilmuwan selama berabad-abad. Mengapa banyak objek di alam ini memiliki pola jujukan Fibonacci?

PADA TANAMAN DAN HAIWAN
 
Tanaman tentu tak tahu-menahu tentang angka Fibonacci, tetapi banyak tanaman tumbuh dengan mengikuti pola Fibonacci. Beberapa tanaman menampakkan jujukan Fibonacci pada titik tumbuhnya, tempat tiga cabang terbentuk atau terpisah.

Satu batang pohon tumbuh sampai membentuk sebuah cabang, menghasilkan 2 titik tumbuh. Batang pohon utama kemudian membentuk cabang lainnya, menghasilkan 3 titik tumbuh. Kemudian batang pohon dan cabang pertama menghasilkan 2 lagi titik tumbuh sehingga menjadi 5.

Susunan daun bunga beberapa bunga juga memiliki angka Fibonacci seperti 3 daun bunga pada bunga bakung dan iris; 5 pada buttercup, mawar liar, larkspur, dan columbine; 8 pada delphiniums; 13 pada marigold, ragwort, dan cineraria; 21 pada aster, black-eyed susan, dan chicory; 34 pada pyrethrum; dan 34 atau 55 pada daisy.

 
Di bagian tengah bunga matahari, biji-bijinya tersusun membentuk pilinan (spiral) yang membelok ke kiri dan kanan. Jika dihitung, maka jumlah masing-masing pilinan ini adalah dua angka Fibonacci berurutan, umumnya 21 dan 34, 34 dan 55, 55 dan 89, atau 89 dan 144. Hal yangs sama terjadi pada pilinan buah pohon cemara, nenas, dan blumkol.


Mengapa pola seperti itu muncul? Apakah kebetulan atau memiliki tujuan? Dalam kajian susunan daun tanaman, ternyata pertumbuhan yang mengikuti pola jujukan Fibonacci adalah cara yang paling berkesan untuk tumbuh. Dengan pola demikian, daun-daun memiliki ruang maksimum dan menerima paparan cahaya yang maksimum.

Pola Fibonacci pada binatang boleh dijumpai pada lebah madu. Koloni lebah madu terdiri dari satu ratu, beberapa lebah jantan dan banyak lebah pekerja. Lebah betina (ratu dan pekerja) semuanya memiliki dua orang tua, ratu dan seekor lebah jantan. Sementara lebah jantan menetas dari telur-telur yang tak dibuahi, artinya mereka hanya punya satu orang tua. Dengan demikian silsilah seekor lebah jantan mengikuti jujukan Fibonacci yaitu 1 orangtua, 2 datuk, 3 moyang, dan seterusnya. Pola Fibonacci juga bisa ditemukan pada pilinan rumah siput.


JUGA TERDAPAT PADA MANUSIA
Bercerminlah, dan Anda akan menemukan angka Fibonacci pada tubuh Anda. Anda punya 1 hidung, 2 mata dan 2 tangan yang masing-masing memiliki 5 jari yang terbagi menjadi 3 ruas.

Fisiologi indera-indera manusia seperti pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan, dan reseptor pelbagai rasa juga memiliki struktur Fibonacci.

Setiap pusingan penuh struktur double helix molekul DNA memiliki ukuran panjang 34 angstrom dan lebar 21 angstrom, dua angka Fibonacci yang berurutan yang jika dibagi akan menghasilkan angka 1,619… yang mendekati Nisbah Emas, 1,618.

 
Nisbah Emas juga boleh ditemukan pada nisbah (perbandingan) antara panjang lengan bawah dengan tangan; nisbah antara panjang dan lebar wajah; nisbah  antara jarak bibir ke titik pertemuan alis dengan panjang hidung; nisbah antara panjang mulut dengan lebar hidung; nisbah antara jarak bahu ke puncak kepala dengan panjang kepala; nisbah antara jarak pusar ke lutut dengan jarak lutut ke ujung kaki; dan nisbah antara jarak ujung jari ke siku dengan jarak pergelangan tangan ke siku.

Tak ketinggalan, objek kecil seperti struktur kristal salju hingga objek besar seperti struktur galaksi juga memiliki Nisbah Emas.

Kita tangguh setakat itu dahulu. Penggunaan jujukan Fibonacci & Nisbah Emas berlaku di seluruh tubuh kita dan di mana-mana sahaja. Tuhan telah menetapkannya untuk kita supaya kita seimbang, cantik & kemas
.
Kalau ada masa, kita akan menyambung dalam siri ANGKA TUHAN (SIRI 2)

2 comments:

  1. kelinci adalah rabbit ke?

    ReplyDelete
  2. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan Kyai. Dimas Kanjeng yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada Kyai. Dimas Kanjeng dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 082312910909 Untuk yg di luar indon telefon di +6282312910909,Atau Kunjugi Website/Situs Padepokan Dimas Kanjeng KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Kyai. Dimas Kanjeng saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR Kyai. Dimas Kanjeng
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, Kyai. Dimas Kanjeng Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI AKAN MEMBANTU SESAMA YANG MEMBUTUHKAN
    BERJANJI TIDAK AKAN SOMBONG DAN SELALU RENDAH HATI
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membari Petunjuk." (HR Abu Dawud 4/353)

    PESUGIHAN TANMPA TUMBAL

    PENARIKAN DANA HIBAH

    PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA

    ReplyDelete